Jumat, 08 Juli 2011

UNSUR-UNSUR GOLONGAN 16

Sifat kimia khas dari unsur golongan 16 adalah atom-atomnya memerlukan 2 elektron untuk mencapai konfigurasi gas mulia. Golongan 16 biasanya disebut golongan Kalkogen. Kecenderungan yang terjadi akibat bertambah besarnya nomor atom adalah:
1. bertambah besarnya jari-jari atom
2. titik didih dari atas ke bawah semakin besar,
3. titik lebur dari atas ke bawah semakin besar kecuali Unsur Polonium (254),
4. massa jenis dari atas ke bawah semakin besar.
Sifat fisika umum golongan 16
Nama unsure No atom Wujud pada suhu kamar Warna Massa atom konfigurasi
Oksigen 8 Gas Tak berwarna 16 1s2,2s2,2p4
Sulfur 16 Zat padat Kuning 32 (Ne10) 3s2,3p4
Selenium 34 Zat padat Merah atau abu-abu 79 (Ar18) 3d10,4s2,4p4
Tellurium 52 Zat padat Putih keperakan 128 (Kr36) 4d10,5s2,5p4
Polonium 84 Zat padat Kuning kehitaman 210 (Xe54) f14,5d10,6s2,6p4
Ciri fisik golongan 16
Nama unsur Massa jenis (g/cm3) Titik lebur (oC ) Titik didih (oC ) Struktur kristal Bilangan oksidasi
Oksigen 1,14 -218,8 -183 Kubus -2
Sulfur 2,07 119 445 orthorhombik -2,2,4,6
Selenium 4,8 217 685 Hexagonal -2,2,4,6
Tellurium 6,24 450 990 Hexagonal -2, 4,6
Polonium 9,2 254 960 - 2,4
OKSIGEN
Sifat Kimia Oksigen
Oksigen membentuk senyawa dengan semua unsur, kecuali gas-gas mulia ringan. Biasanya oksigen bereaksi dengan logam membentuk ikatan yang bersifat ionik dan bereaksi dengan bukan logam membentuk ikatan yang bersifat kovalen sehingga akan membentuk oksida.



Alotrop
o Dioksigen
Merupakan zat gas yang tidak berbau dan tidak berwarna. Dioksigen beraksi secara langsung dengan semua unsure kecuali gas mulia, sebagian unsure halogen dan beberapa logam tak aktif.
1.Pembuatan dioksigen
Di labolatorium, dapat dibuat dengan:
a. Penguraian suatu peroksida
b. Penguraian panas oksida logam
c. Penguraian panas garam-garam yang mengandung anion kaya oksigen, seperti kalium klorat(V) atau kalium nitrat (V)
d. Dengan elektrolisis
Di industri, dioksida dibuat dengan penyulingan udara cair.yang terdiri dari nitrogen dan oksigen cair.nitrogen cair akan tersuling terlebih dahulu.
2.kegunaan dioksigen
Dioksigen dipakai dalam peralatan oksigen dalam piranti rumah sakit, dalam produksi baja, plastik, dan tekstil, Sebagai penyokong kehidupan pada pesawat terbang, kapal selam, penerbangan luar angkasa, dan penyelaman dan dalam industry kimia organic dan anorganik.
o Trioksigen
Trioksigen merupakan zat berwarna biru muda yang mempunyai bau tidak enak,manis,seperti rumput yang baru di pangkas.trioksigen mengembun membentuk cairan biru pada suhu -112oC dan membeku jadi padat biru hitam pada -192oC. trioksigen merupakan oksidator yang sangat kuat (lebih kuat dari dioksigen) dan membentuk senyawa adisi dengan senyawaan organic yang mempunyai ikatan ganda.
1. Pembuatan trioksigen
Dibuat dengan membiarkan discas listrik bersuhu rendah melalui dioksigen. Discas listrik bersuhu rendah diperlukan untuk mencegah terjadinya peruraian. Pada proses ini terjadi konversi hingga 10% menjadi trioksigen,selanjutnya campuran gas ini dipisahkan melalui penyulingan karena trioksigen mempunyai titik didih yang lebih tinggi dari dioksigen.
2. kegunaan trioksigen
digunakan untuk bakterisida pada botol air minum dan kolam renang, pemutih pada bubr kertas dan tepung.
Oksida
Oksida ialah suatu senyawa biner dengan suatu unsure. Terdapat enam macam oksida, yaitu:
a) Oksida asam
Oksida asam adalah oksida dari unsur nonlogam dan oksida unsur blok d dengan bilangan oksidasi besar.

d) Oksida netral
Oksida ini tidak bereaksi dengan asam maupun basa, misal NO, N2O, dan CO.
e) Oksida campuran
Oksida ini merupakan campuran dari oksida sederhana, misalnya P3O4 merupakan campuran PbO (dua bagian) dan PbO2 (satu bagian).
f) Peroksida dan superperoksida
Oksigen membentuk peroksida H2O2, N2O2 dan BaO2 dengan bilangan oksidasi oksigen –1 serta RbO2, CsO2 dengan bilangan oksidasi oksigen –1/2.

BELERANG
1) Sifat Kimia Belerang
Belerang hanya memerlukan dua elektron lagi untuk mencapai konfigurasi s2p4 dari gas mulia. Jika belerang bereaksi dengan logam maka belerang bertindak sebagai penerima elektron. Belerang mudah bereaksi dengan semua unsur kecuali emas, platinum dan gas mulia. Reaksi-reaksi pada belerang, antara lain seperti berikut:

a. belerang mudah bereaksi dengan logam
contoh: Fe(s) + S (s) FeS( s)
b. dapat bereaksi langsung dengan beberapa unsure non logam misalnya fluorin, klorin, oksigen dan karbon
contoh:2S (s) + C (s) CS2 (l)
c. belerang dioksidasikan oleh asam nitrat pekat dan asam sulfat pekat membentuk sulfide dan sulfit.
d. Bila gas hydrogen dialirkan dalam bentuk gelembung melalui belerang yang meleleh, akan terbentuk hydrogen sulfide.
H2 (g) + S(s) H2S (g)
Alotrop
o siklooktabelerang (S8)
merupakan bentuk yang paling umum dialam dan berwarna kuning jerami.mempunyai susunan zigzag disekitar cincin.pada suhu diatas 95oC membentuk Kristal jarum dan dibawah suhu ini membentuk kristal chunky.
o Sikloheksabelerang (S6)
o Siklododekabelerang (S12)
o
Senyawa
Senyawa yang mengandung belerang antara lain: hidrogen sulfida, sulfida,belerang oksida,, asam sulfat, sulfit, sulfat,hidrogen sulfat,tiosulfat, peroksodisulfat, belerang dan heksafluorida.

Kegunaan belerang
Belerang adalah komponen serbuk mesiu dan digunakan dalam proses vulkanisasi karet alam dan juga berperaan sebagai fungisida. Belerang digunakan besar-besaran dalam pembuatan pupuk fosfat. Belerang digunakan untuk menghasilkan asam sulfat, bahan kimia yang sangat penting untuk agen sulfonasi.
Belerang juga digunakanuntuk pembuatan kertas sulfit dan kertas lainnya, untuk mensterilkan alat pengasap, dan untuk memutihkan buah kering. Belerang merupakan insultor yang baik.


SELENIUM
Selenium adalah suatu unsur Kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Se dan nomor atom 34. Selenium menunjukkan sifat fotovoltaik, yakni mengubah cahaya menjadi listrik, dan sifat fotokonduktif, yakni menunjukkan penurunan hambatan listrik dengan meningkatnya cahaya dari luar (menjadi penghantar listrik ketika terpapar cahaya dengan energi yang cukup). Sifat-sifat ini membuat selenium sangat berguna dalam produksi fotosel dan exposuremeter untuk tujuan fotografi, seperti sel matahari. Selenium merupakan unsure nomn toksik namun senyawa selenium seperti asam selenida dan yang lainnya bersifat racun.

Selenium diperoleh dari memanggang endapan hasil elektrolisis dengan soda atau asam sulfat, atau dengan meleburkan endapan tersebut dengan soda dan niter (mineral yang mengandung kalium nitrat). Selenium juga ditemukan dalam beberapa mineral yang cukup langka seperti kruksit dan klausthalit
Alotrop

o Selenium kristal heksagonal, yang merupakan jenis paling stabil, berwarna abu-abu metalik
o Selenium amorf berwarna merah (bentuk serbuk) atau hitam (dalam bentuk seperti kaca).
o Selenium kristal monoklinik berwarna merah tua

Kegunaan
Digunakan dalam xerografi untuk memperbanyak salinan dokumen. untuk membuat kaca dan lapisan email gigi yang berwarna rubi. Juga digunakan sebagai tinta fotografi dan sebagai bahan tambahan baja tahan karat.


TELURIUM
Merupakan unsur yang jarang ditemukan dialam, biasanya ditemukan dalam bentuk senyawa telluride dari kalaverit dan logam lain. Telurium dapat didapat dari lumpur anoda yang dihasilkan selama proses pemurnian elektrolisis tembaga panas. Telurium memiliki warna putih keperak-perakan, dan dalam keadaan murninya menunjukkan kilau logam. Cukup rapuh dan bisa dihaluskan dengan mudah. Telurium dan senyawanya kemungkinan beracun dan harus ditangani dengan hati-hati. Hanya boleh terpapar dengan telurium dengan konsentrasi serendah 0.01 mg/m3, atau lebih rendah, dan pada konsentrasi ini telurium memiliki bau khas yang menyerupai bau bawang putih.
Kegunaan
Telurium memperbaiki kemampuan tembaga dan baja tahan karat untuk digunakan dalam permesinan. Penambahan telurium pada timbal dapat mengurangi reaksi korosi oleh asam sulfat pada timbal, dan juga memperbaiki kekuatan dan kekerasannya. Telurium digunakan sebagai komponen utama dalam sumbat peleburan, dan ditambahkan pada besi pelapis pada menara pendingin. Telurium juga digunakan dalam keramik. Bismut telurrida telah digunakan dalam peralatan termoelektrik.


POLONIUM
Polonium adalah suatu unsur Kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Po dan nomor atom 84.Unsur radioaktif yang langka ini termasuk kelompok metaloidengan Telurium yang memiliki sifat Kimia yang mirip dengan Telurium dan Bismut. Polonium merupakan unsur yang sangat jarang di alam.polonium bisa didapatkan dengan menggunakan tembakan neutron berintensitas tinggi dalam reaktor nuklir. Polonium mudah larut dalam asam encer, tapi hanya sedikit larut dalam basa. Garam polonium dari asam organik terbakar dengan cepat. Dan dapat direduksi menjadi logam oleh halida amina. Polonium merupakan unsure yang bersifat radioaktif dengan titik cair rendah dan merupakan pemancar alpha dengan masa paruh waktu 138.39 hari. Satu milligram memancarkan partikel alfa seperti 5 gram radium.
Energi yang dilepaskan dengan pancarannya sangat besar (140 W/gram), setengah gram polonium mencapai suhu di atas 500oC. selain itu juga menghasilkan sinar gamma dengan kecepatan dosisnya 0.012 Gy/jam. Sejumlah curie (1 curie = 3.7 x 1010Bq) polonium mengeluarkan kilau biru yang disebabkan eksitasi di sekitar gas.
Kegunaan
Polonium untuk digunakan sebagai sumber panas yang ringan sebagai sumber energi termoelektrik pada satelit angkasa.
Polonium dapat dicampur atau dibentuk alloy dengan berilium untuk menghasilkan sumber neutron. Unsur ini telah digunakan dalam peralatan untuk menghilangkan muatan statis dalam pemintalan tekstil dan lain-lain; bagaimanapun, sumber beta termasuk yang paling sering digunakan karena tingkat bahayanya yang lebih rendah. Polonium yang digunakan untuk tujuan ini harus tersegel dan terkontrol, untuk mengurangi bahaya terhadap pengguna karena sangat berbahaya untuk ditangani meski hanya sejumlah milligram atau mikrogram. Diperlukan peralatan khusus dan kontrol yang ketat untuk menanganinya. Kerusakan timbul dari penyerapan energi partikel alfa oleh jaringan makhluk hidup.
.















Peta konsep

Oksigen sifat kimia
Alotrop dioksigen
trioksigen
oksida
kegunaan
Belerang sifat kimia
Alotrop S8, S6, S12
Kegunaan
Unsur Selenium sifat kimia
golongan Alotrop Kristal hexagonal
16 Amorf
Kristal monosiklik kegunaan

Tellurium sifat kimia kegunaan

Polonium sifat kimia
kegunaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar